Paragraf Induktif dan Deduktif

Maret 10, 2010 at 5:07 am (Uncategorized)

Kesempatan ini saya akan membahas tentang contoh paragraf deduktif dan induktif. Sebelumnya, saya akan menjelaskan pengertian paragraf deduktif dan induktif.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang mengedepankan atau menutamakan kalimat umum di awal paragraf dan kalimat khusus di akhir paragraf. Paragraf deduktif biasanya disebut paragraf umum-khusus. Ini adalah salah satu contoh kalimat Deduktif:

“Balon sebenarnya merupakan pesawat terbang yang paling sederhana. Balon biasanya terdiri atas kantung bulat dari kertas, sutra, atau kain yang dilapisi dengan karet. Pada kantung itu terdapat udara panas dan hidrogen atau helium. Pada kantung itu dapat diikatkan tali atau jala untuk membawa barang atau orang.”

Paragraf umumnya adalah : Balon sebenarnya merupakan pesawat terbang yang paling sederhana

Paragraf induktif adalah paragraf yang mengedepankan atau menutamakan kalimat khusus di awal paragraf dan kalimat umumnya berada di akhir paragraf. Paragraf induktif biasanya disebut paragraf khusus-umum. Ini adalah salah satu contoh kalimat Induktif:

“Smesnya sangat keras dan menghunjam. Permainan netnya halus dan tipis. Kontrol bolanya akurat. Permainan tipuannya begitu taktis. Serangannya gencar sepanjang permainan. Pertahanannya kuat sehingga sulit dijebol oleh lawan. Itulah ciri utama permainan Tika dan Rexy, ganda bulu tangkis kelas internasionaldari Indonesia”

Paragraf umumanya:  Itulah ciri utama permainan Tika dan Rexy, ganda bulu tangkis kelas internasional dari Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: