Etika Profesi 4

Maret 29, 2011 at 3:06 pm (Uncategorized)

CUDA (akronim untuk Hitung Arsitektur Unified Device) adalah arsitektur komputasi paralel yang dikembangkan oleh NVIDIA . CUDA adalah mesin komputasi di NVIDIA graphics processing unit (GPU) yang dapat diakses oleh pengembang perangkat lunak melalui varian dari bahasa pemrograman standar industri. Pemrogram menggunakan C (C dengan ekstensi NVIDIA dan pembatasan tertentu), yang disusun melalui PathScale Open64 C compiler, ke kode algoritma untuk eksekusi pada GPU. CUDA saham arsitektur berbagai interface komputasi dengan dua kompetitor-di Grup Khronos ‘s Open Computing Bahasa  dan Microsoft DirectCompute . pembungkus pihak ketiga juga tersedia untuk Python , Perl , Fortran , Java , Ruby , Lua , MATLAB dan IDL , dan dukungan asli ada di matematika.
CUDA pengembang memberikan akses ke set instruksi virtual dan memori dari komputasi paralel unsur di GPU CUDA. Menggunakan CUDA, NVIDIA terbaru GPU menjadi diakses untuk perhitungan seperti CPU . Namun tidak seperti CPU, GPU memiliki arsitektur throughput paralel yang menekankan melaksanakan banyak benang bersamaan perlahan, daripada melaksanakan suatu thread tunggal yang sangat cepat. Pendekatan pemecahan masalah tujuan umum pada GPU dikenal sebagai GPGPU .
Dalam permainan komputer industri, selain rendering grafis, GPU digunakan dalam perhitungan fisika permainan (efek fisik seperti puing-puing, asap, api, cairan); contoh termasuk PhysX dan Bullet. CUDA juga telah digunakan untuk mempercepat aplikasi non-grafis di biologi komputasi , kriptografi dan bidang lainnya dengan suatu urutan besarnya atau lebih. Sebuah contoh dari ini adalah BOINC komputasi terdistribusi klien.
CUDA menyediakan baik rendah tingkat API dan tingkat yang lebih tinggi API. Awal CUDA SDK diumumkan pada tanggal 15 Februari 2007, untuk Microsoft Windows dan Linux . Mac OS X mendukung kemudian ditambahkan di versi 2.0, yang menggantikan versi beta dirilis pada Februari 14 Januari 2008. CUDA bekerja dengan semua NVIDIA GPU dari seri seterusnya G8X, termasuk GeForce , Quadro dan Tesla baris. NVIDIA menyatakan bahwa program-program dikembangkan untuk seri GeForce 8 juga akan bekerja tanpa modifikasi pada semua kartu video NVIDIA masa depan, karena kompatibilitas biner.

 

Sumber: Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: